Honesty Nurizza Pinanti

Semangat Excellent With Morality!

Tugas Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan

02 September 2015 - dalam Tugas Kuliah Oleh honesty-nurizza-p-fst14

PERTANYAAN

 

Apa  arti tumbuhan bagi kehidupan manusia?

Jawab:

Apabila dilihat dari peranan nya dalam rantai makanan, tumbuhan memegang peran yang snagat penting bagi kehidupan manusia. Tumbuhan merupakan satu diantara beberapa organisme yang berperan sebagai produsen. Sebenarnya, selain tumbuhan, adapula kingdom lain yang dapat berperan sebagai produsen seperti protista mirip tumbuhan (contoh:Cloropyta). Akan tetapi, tumbuhan merupakan organisme tingkat tinggi yang paling banyak dan mudah untuk dimanfaatkan makhluk hidup lain untuk memeroleh makanan berupa kandungan pati. Selain pati, bagian tumbuhan seperti daun dan buah mengandung vitamin dan mineral yang dapat mencukupi kebutuhan metabolisme manusia. Disamping pati, fotosintesis juga menghasilkan oksigen. Oksigen merupakan senyawa di udara yang sangat penting bagi kehidupan manusia dan makhuk hidup lain. Tanpa oksigen, tidak akan ada kehidupan di muka  bumi ini. Keberadaan tumbuhan juga memliki pengaruh yang besar pada ekosistem. Ketiadaan tumbuhan dapat menganggu siklus air dan dapat menyebabkan berbagai bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor. Adapun, bagian-bagian tumbuhan seperti akar, batang, dan daun, juga organ tambahannya seperti bunga yang nantinya menghasilkan buah dan biji juga sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Batang menghasilkan kayu yang dapat dimanfaatkan manusia sebagai bahan baku pembuatan furniture. Daun dan akar tertentu dapat diolah menjadi obat herbal yang berkhasiat. Bunga dapat menghasilkan pundi-pundi uang karena estetikanya. Kesimpulannya, tumbuhan sangat penting bagi kehidupan manusia, juga seluruh makhluk hidup. Sebab tumbuhan mampu mencukupi kebutuhan-kebutuhan manusia untuk hidup.

 

Apa pentingnya anatomi tumbuhan bagi kehidupan manusia?

Karena tumbuhan memliki peranan dan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia, maka mempelajari ilmu yang mengkaji tumbuhan merupakan hal yang penting. Anatomi tumbuhan merupakan ilmu dasar botani yang mempelajari tentang struktur anatomi (bagian dalam) dari tumbuhan. Anatomi tumbuhan merupakan analogi anatomi dari manusia dan hewan. Melalui anatomi tumbuhan, kita dapat mengetahui jaringan-jaringan penyusun dari suatu tumbuhan dan pendistribusiannya, serta dapat membandingkan jaringan penyusun tumbuhan satu dengan tumbuhan yang lain untuk mengetahui klasifikasi dan hubungannya dengan fungsi yang dimiliki. Selanjutnya, pengetahuan yang didapatkan dari ilmu anatomi tumbuhan dapat dimanfaatkan sebagai referensi penelitian lebih lanjut yang berguna untuk menjaga eksistensi tumbuhan di muka bumi serta menggali beragam manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia yang sebelumnya tidak pernah diketahui.

 

Mengapa anatomi tumbuhan memerlukan cabang ilmu lain?

Anatomi tumbuhan memerlukan cabang ilmu lain agar ilmunya dapat diaplikasikan untuk kehidupan manusia. Untuk mengkaji tumbuhan secara komprehensif, kita tidak bisa hanya mengandalkan satu cabang ilmu saja, seperti anatomi tumbuhan saja. Kita juga memerlukan morfologi tumbuhan untuk mengkaji bagian luar tumbuhan, fisiologi tumbuhan untuk mengkaji mekanisme dan fungsi fisiologi tumbuhan, dan sebagainya. Semua cabang ilmu botani akan saling berhubungan dan melengkapi satu sama lain. Misalnya untuk mempelajari anatomi tumbuhan, kita harus terlebih dahulu mengerti tentang morfologinya, semisal pada ilmu mortum kita mempelajari bahwa hanya ada tiga organ utama pada tumbuhan, tidak termasuk bunga. Menurut ilmu mortum, bunga adalah organ penjelmaan dari daun. Melalui anatomi tumbuhan, kita dapat membuktikannya dengan meneliti struktur sel penyusun bunga yang ternyata memang hampir sama dengan daun.

 

Persiapan dan motivasi apa yang anda telah lakukan dalam mempelajari anatomi tumbuhan?

Sejauh ini, persiapan yang saya lakukan untuk mempelajari anatomi tumbuhan adalah bekal ilmu yang saya dapatkan ketika menempuh semester 1 dan 2 yaitu biologi dasar1, biologi dasar2, biologi sel dan morfologi tumbuhan. Ilmu-ilmu tersebut akan sangat menunjang proses pembelajaran anatomi tumbuhan pada nantinya. Selain itu menambah wawasan dengan membaca literatur-literatur anatomi tumbuhan juga sangat diperlukan. Motivasi saya mempelajari anatomi tumbuhan adalah sebagai sarana memperluas wawasan mengenai ilmu tumbuhan dengan harapan satu saat saya dapat melakukan suatu penelitian untuk mengaplikasikan ilmu yang saya dapat dengan tujuan mempermudah kehidupan manusia dan melestarikan tumbuhan itu sendiri.

 

Apa yang anda butuhkan dalam mempelajari anatomi tumbuhan?

Menurut saya, Mempelajari anatomi tumbuhan memerlukan berbagai referensi untuk menunjang proses pembelajaran di kelas, seperti buku anatomi tumbuhan dan literatur lain yang mengkaji anatomi tumbuhan. Selain itu, penguasaan cabang ilmu lain seperti biodas 1, biodas 2, biosel, dan mortum juga sangat penting. Adapun yang tak kalah penting dibandingkan keduanya adalah niat dan tekad yang kuat dan ikhlas. Tanpa tekad yang kuat untuk belajar, mahasiswa tidak akan mampu menguasai materi yang ada. Usahanya hanya sejauh apa yang diberikan dosen di kelas, tanpa ingin mencari tahu lebih banyak. Tanpa yang niat yang ikhlas, ilmu tidak akan menyentuh hati dan menggerakkan kita untuk bergerak melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi alam dan manusia lain. Niat dan tekad yang kuat dan ikhlas dapat dibangun dengan membangun presepsi yang benar mengenai proses pembelajaran. Bahwa pada hakikatnya, tujuan utama dari proses pembelajaran bukanlah nilai yang tercantum pada KHS tetapi pada pengetahuan dan pola pikir yang kita dapatkan dari proses belajar. Lebih lanjut lagi, visi utama proses belajar adalah mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di kehidupan sehari-hari.

 



Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :